Keindahan Pantai Gerupuk

Posted on

Berselancar di Pulau Lombok merupakan aktivitas yang menantang sekaligus menyenangkan. Sebagai pulau yang terhitung cukup kecil, Lombok memiliki banyak pantai yang indah. Beberapa diantaranya cukup menantang, salah satunya adalah Pantai Gerupuk. Bagi Anda yang gemar berselancar, jangan sampai Anda melewatkan Pantai Gerupuk. Pantai Lombok yang satu ini terkenal dengan ombaknya yang sangat cantik, yang akan menghantarkan Anda pada sensasi adrenalin. Pantai Gerupuk juga terbilang indah, dengan deburan ombaknya yang cukup besar. Gelombang ombaknya yang terkenal menjadikan Pantai Gerupuk sebagai pusat berselancar di Pulau Lombok.

Pantai Gerupuk terbentang di pesisir selatan Pulau Lombok. Pantai ini terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Lombok Tengah. Di wilayah Pantai Gerupuk ini sebelah Tenggara, Anda bisa mengunjungi lima tempat yang akan memuaskan hobi surfing Anda. Yang unik dari kelima tempat ini adalah tempat-tempat tersebut memiliki nama dari bahasa setempat, sekaligus nama internasional yang diberikan oleh peselancar mancanegara. Yaitu Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left).

 

Ombak di kelima tempat tersebut sangat liar, sehingga menantang Anda penyuka olahraga selancar untuk mengalahkannya. Ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga 3 Meter. Cukup menantang bukan? Pantainya yang juga berpasir putih dan dikelilingi pemandangan yang indah, membuat Pantai Gerupuk ini selalu ramai dikunjungi. Namun sebagian besar pengunjung berasal dari mancanegara. Pada sore harinya, jika Anda ingin menikmati pemandangan Pantai Gerupuk dari sisi lain, Anda bisa menaiki bukit kecil yang ada di sebelah timur. Dari tempat ini, Anda bisa melihat keseluruhan Pantai Gerupuk dengan latar belakang matahari terbenam.

 

Setelah puas beraktivitas di air, Anda bisa berjalan-jalan di pedesaan sekitar pantai. Di sepanjang jalan, Anda akan menemui kafe-kafe yang dikelola oleh penduduk setempat. Tak sedikit yang juga mengubah rumahnya menjadi homestay. Setelah berjalan agak jauh Anda akan menemukan tenda yang berwarna-warni. Di situ Anda bisa menyaksikan para perempuan setempat sedang membersihkan rumput laut hasil panen, yang dikemas ke dalam bungkusan besar. Bungkusan rumput laut itu kemudian akan dikirim ke Pulau Bali dan Pulau Jawa (Surabaya).

 

Mayoritas penduduk setempat memiliki mata pencaharian sebagai nelayan, petani rumput laut, dan peternak ikan yang menggunakan Bagang Apung dan Keramba. Mereka juga menyewakan perahunya untuk orang-orang yang ingin berselancar.  Bila Anda masih memiliki waktu, kunjungi pula Balai Konservasi Kelautan. Disitu Anda bisa menambah pengetahuan Anda tentang berbagai biota laut dan ekosistemnya.

 

Pantai Gerupuk hanya berjarak sekitar 9 Kilometer dari Pantai Kuta Lombok, namun sangat jauh jika dicapai dari Kota Mataram. Anda bisa mencapai Pantai Gerupuk dengan menggunakan kendaraan darat. Jika Anda menggunakan kendaraan sendiri, Anda bisa mengambil jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Penujak-Sengkol-Kuta-Desa Gerupuk. Namun jika Anda memilih kencaraan umum, Anda bisa menaiki jurusan Mataram-Bertais-Praya-Sengkol. Setibanya di Sengkol, Anda harus berganti angkutan dan mengambil jurusan Sengkol-Kuta. Setelahnya, Anda bisa mencapai Pantai Gerupuk dengan menggunakan ojek.

 

Beberapa tempat wisata Pulau Lombok berada tak jauh dari Pantai Gerupuk, sehingga mungkin Anda bisa menjadwalkan untuk berkunjung ke beberapa tempat. Seperti Pantai Kuta, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak, dan Desa Sade.

 

 

Anda juga bisa membaca tentang pariwisata di Bandung,YogyakartaSemarangJakartaSurabaya, Papua,  pada artikel kami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *